PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA BSI KCP PONTIANAK A YANI 1)

Authors

  • Nurul Aulia Aulia IAIN PONTIANAK
  • Rianda Hanis IAIN PONTIANAK
  • Fitri Jayanti IAIN PONTIANAK

DOI:

https://doi.org/10.24260/nisbah.v2i1.15

Keywords:

Retensi Pelanggan, Islamic Business Ethics, Customer Retention, Etika Bisnis Islam, Islamic Business

Abstract

This research aims to examine the influence of Islamic business ethics on customer retention and to find out how much influence Islamic business ethics has on customer retention at BSI KCP Pontianak Ahmad Yani 1. The data analysis technique used is Simple Linear Regression Analysis, then to upgrade the instrument using Validity Test and Reliability Test. The Classical Assumption Test uses the Normality Test, Linearity Test and Heteroscedasticity Test while for Hypothesis Testing it uses the Partial Test (1) and the Coefficient of Determination Test (R). The data collection technique used is a technique in the form of collecting questionnaires (questionnaires) and documentation. The results of data analysis show that there is an influence of Islamic business ethics on customer retention. Based on the results of the coefficient of determination test (R2), a figure of 0.013 or 1.3% was obtained, meaning that the combination of the independent variable (X), namely Islamic business ethics, and the dependent variable (Y), Customer Retention, was 1.3%. Based on the results of data processing and data discussion, it can be concluded that Islamic business ethics can influence customer retention. By implementing Islamic business ethics, it can provide encouragement to customers to establish strong relationships with the Company.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh etika bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan pada BSI KCP Pontianak Ahmad Yani 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Lincar Sederhana, Kemudian untuk Up instrumen menggukan Uji Validitas dan Uji Realibilitas. Uji Asumsi Klasik menggunakan Uji Normalitas, Uji Linearitas dan Uji Heteroskedastisitas sementara untuk Uji Hipotesis menggunakan Uji Parsial (1) dan Uji Koefisien Determinasi (R) Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik berupa pengumpulan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan terdapat pengaruh etika bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan. berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh angka sebesar 0,013 atau 1,3% artinya kombinasi variabel independen (X) yaitu etika bisnis Islam terhadap variabel dependen (Y) Retensi Pelanggan 1,3%. Bedasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan data dapat disimpulkan bahwa etika bisnis Islam dapat mempengaruhi retensi pelanggan. Dengan menerapkan etika bisnis Islam dapat memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan Perusahaan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Aulia, N. A., Rianda Hanis, & Fitri Jayanti. (2025). PENGARUH ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN DI BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI PADA BSI KCP PONTIANAK A YANI 1). Nisbah: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 195–207. https://doi.org/10.24260/nisbah.v2i1.15