ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG (KC) PONTIANAK ABDURRACHMAN
Keywords:
Community understanding, Indonesian Islamic bank products, Bank syariah, Pemahaman MasyarakatAbstract
Abstract
The purpose of this study is to determine the level of public understanding of the use of Indonesian Islamic bank products Pontianak Abdurachman Branch Office (KC). This type of research uses a quantitative approach with a descriptive method. Quantitative research is research used to examine certain samples, data analysis is statistical with the aim of testing the established hypothesis. The results of the study with 100 responidents proved that the variable level of public understanding had a positive and significant effect on the use of Indonesian Islamic bank KC Pontianak Abdurachman products. The variable of community understanding level (X) has a value of tcount > ttable namely 6.815 > 1.984 with a significance value of 0.000 < 0.05. These results show that H1 is accepted and H0 is rejected, which means that the variable of public understanding level has a significant partial effect on Indonesian Islamic bank products. Research focuses on the Branch Office (KC) Pontianak Abdurrachman offering a local perspective that may have been widely explored, especially in the context of public understanding of Islamic banking product.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman masyarakat terhadap penggunaan produk bank syariah Indonesia Kantor Cabang (KC) Pontianak Abdurachman. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang digunakan untuk meneliti sampel tertentu, analisis data bersifat statistik dengan tujuan menguji hipotesis yang ditetapkan. Hasil dari penelitian dengan 100 responden membuktikan bahwa variabel tingkat pemahaman masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan produk bank syariah Indonesia KC Pontianak Abdurachman. Variabel tingkat pemahaman masyarakat (X) memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 6,815 > 1,984 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya variabel tingkat pemahaman masyarakat berpengaruh signifikan secara parsial terhadap produk bank syariah Indonesia. Penelitian berfokus pada kantor cabang Pontianak Abdurrachman yang memberikan sudut pandang lokal yang belum banyak diteliti sebelumnya terutama dalam konteks pemahaman masyarakat terhadap produk bank syariah.